Senin, 03 Desember 2012

Teori Pendekatan Kognitif


Teori psikologi kobnitif adalah bagian terpenting dari sains kognitif yang telah memberi konstribusi yang sangat berarti dalam perkembangan psikologi pendiikan. Pendekatan psikologi kognitif lebih menekankan arti penting proses internal, mental manusia. Dalam pandangan ahli kognitif, tingkah laku manusia yang tampaktidak dapat diukur tanpa dan diterangkan melibatkan proses mental, seperti motivasi, keyakinan, dan sebagainya.
Belajar pada dasarnya adalah peristiwa mental, bukan peristiwa behavioral (yang bersifat jasmaniah) meskipun hal-hal yang bersifat behavioral tampak lebih nyata dalam hampir semua aktivitas belajr siswa. Secara lahiriah, seorang anak yang sedang belajar membaca dan menulis, tentu menggunkan perangkat jasmaniah (dalam hal ini mulut dan tangan) untuk mengucapkan kata dan menggoreskan pena. Akan tetapi, prilaku mengucapkan kata dan menggoreskan pena yang dilakukan tersebut bukan semata-mata respons atas stimulus yang ada, melainkan yang lebih penting karena dorongan mental yang yang diatur oleh otak
Jadi semakin jelaslah bahwa perilaku belajar itu, dalam hampir setiap bentuk dan manifestasinya, bukan hanya peristiwa ikatan antara stimulus dan respon melainkan lebih banyak melibatkan respon kognitif. Hanya dalam peristiwa belajar tertentu yang sangat terbatas ruang lingkupnya (belajar kesopanan), peranan ranah cipta siswa tidak menonjol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar